Minggu, 25 Oktober 2020

VLAN

 

        JENIS JENIS VLAN

  1. VLAN default adalah VLAN sejak sakelar dinyalakan pertama kali. Selama konfigurasi, semua port switch disertakan dalam VLAN standar dan dapat dihubungkan ke setiap port. Di Cisco, VLAN default adalah VLAN.
  2. Data VLAN adalah VLAN yang hanya mengatur lalu lintas data di VLAN.
  3. VLAN asli adalah VLAN yang dikembalikan ke port jika tidak ada di bagasi dan tidak memiliki tag.
  4. VLAN Suara adalah VLAN yang mendukung VoIP dan dirancang khusus untuk komunikasi data suara dalam VLAN.
  5. Management VLAN adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk sakelar manajemen.







KEUNTUNGAN VLAN

  1. Keamanan, semua data sensitif dipisahkan dari jaringan yang ada, sehingga pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting berkurang.
  2. Penghematan biaya dapat menghemat biaya dengan menghilangkan biaya mahal dari peningkatan jaringan dan penggunaan bandwidth dan uplink yang efisien.
  3. Kinerja yang lebih tinggi dapat mengurangi lalu lintas jaringan dan meningkatkan kinerja dengan membagi jaringan Layer 2 menjadi kelompok kerja logis.
  4. Broadcast Storm Mitigation, dapat mengurangi jumlah perangkat yang berpartisipasi dalam siaran.
  5. Peningkatan efisiensi staf TI memfasilitasi manajemen jaringan karena pengguna dengan kebutuhan jaringan yang sama menggunakan VLAN yang sama.
  6. Manajemen proyek atau aplikasi yang lebih mudah membuatnya lebih mudah untuk mengelola suatu proyek atau pekerjaan karena memiliki fungsi yang terpisah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rintihan gadis remaja

Rintihan gadis remaja karya : Muhammad Faisal S kenapa malam begitu sunyi dan bahkan rembulan dan bintang bergerak begitu cepat?? apakah me...