Minggu, 01 November 2020

APA ITU JURUSAN TKJ?? pengertian, kelebihan dan kekurangan Jurusan TKJ.

Pengertian TKJ

    TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu jurusan atau program keahlian SMK yang membahas seputar informasi dan teknologi. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang diminati banyak siswa, baik laki-laki maupun perempuan.

Kelebihan Jurusan TKJ

1. Materi yang Keren

    Sebenarnya, materi di jurusan SMK mantap semua. Untuk TKJ, kita akan memulai pembelajaran dengan materi pengenalan sistem operasi. Semua itu dijelaskan secara urut, sehingga kita akan tahu lebih jauh tentang materi ini.

2. Praktik

    SMK memang lebih cenderung banyak praktik dibandingan dengan teori. Setelah adanya pembahasan, pasti dilanjutkan dengan praktik. Seperti contoh, kita baru saya membahas cara instalasi Ubuntu, maka akan dilanjutkan dengan praktik instalasi Ubuntu.

    Sebagian siswa TKJ lebih suka praktik dibandingkan dengan teori. Namun, jangan sampai menyalahgunakan waktu praktik untuk bermain game atau browsing sosial media, karena kalau tidak bisa akan rugi sendiri.

3. Melek Teknologi

    Dengan masuk jurusan TKJ, kita akan melek teknologi dalam arti sempitnya tahu lebih jauh dengan komputer dan jaringan. Ya mungkin saja sebelumnya belum kenal dengan komputer dan jaringan.

Kekurangan Jurusan TKJ

    Tentunya, semua aspek di dunia ini seimbang sehingga jika ada kelebihan, maka ada kekurangan. Untuk itu, kita sudah membahas kelebihan dan kekurangan TKJ yang akan diuraikan seperti berikut ini, yaitu :

1. Harus Benar-Benar Dikuasai

    TKJ bukan jurusan yang mudah jadi Kamu harus benar-benar suka dan menguasainya. Kamu tidak boleh asal karena jika salah pasang komponen, maka semua akan rusak dan berantakan.

2. Biaya Praktek

    Banyak sekali praktek di TKJ yang membutuhkan komputer dan berbagai macam komponennya. Untuk itu, dana yang harus Kamu keluarkan juga tidak sedikit.

3. Harus Selalu Update

    Terakhir, teknologi selalu berkembang sehingga Kamu harus rajin mengikuti info terbaru dan juga mengupgrade ilmu setiap saat hingga tua nantinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rintihan gadis remaja

Rintihan gadis remaja karya : Muhammad Faisal S kenapa malam begitu sunyi dan bahkan rembulan dan bintang bergerak begitu cepat?? apakah me...